Partikel – partikel

Nah, sekarang kita mulai masuk ke dalam bagian tata bahasa korea yang cukup susah nih….

Jadi dalam Bahasa Korea itu ada beberapa partikel yang menunjukan subjek dan objek. Pada contoh di bagian struktur kalimat, kalian bisa melihatnya…tapi mungkin ada yang belum tahu tentang itu…

Sekali lagi biar gampang, kalian harus perhatikan baik2 contoh2nya!!

 

Keterangan :

N = nomina = kata benda

V = verba = kata kerja

A = adjektiva = kata sifat

 

 

Partikel subjek

 

N/  atau N/

N i/ga    atau   N eun/neun

 

N diatas maksudnya Nomina= kata benda.

Jadi untuk N이/가, jika N memiliki batch’im (kata yang berakhiran dengan konsonan) maka akan dipasangkan dengan –이, tapi jika tidak memiliki batch’im (berakhiran vokal) maka akan dipasangkan dengan –가.

Misal:

은혁(eunhyuk)            = 은혁 + -이  = 은혁이 [eun-hyeo-gi]

Pada kata di atas berakhiran konsonan ㄱ jadi harus menggunakan 이.

준수(junsu)                 = 준수 +- 가 = 준수가 [jun-su-ga]

Kalo yang ini karena tidak ada batch’im harus dipasangkan dengan 가.

어머니(ibu)                 = 어머니 + -가 = 어머니가 [eo-meo-ni-ga]

아버지(ayah)              = 아버지 + -가 = 아버지가 [a-beo-ji-ga]

발(kaki)                       = 발 + -이 = 발이 [ba-ri]

얼굴(wajah)                = 얼글 + -이 = 얼굴이 [eol-gu-ri]

 

Sama seperti -이/가, -은/는 juga merupakan penanda subjek, lebih pastinya sih, sebagai penanda topik dari suatu kalimat. Jika nominanya berakhiran batch’im maka dipasangkan dengan -은, tapi jika tidak memiliki batch’im dipasangkan dengan -는.

재중(jaejung)              = 재중 + -은 = 재중은(jae-jung-eun)

지후(jihu)                    = 지후 + -는 = 지후는(ji-hu-neun)

 

Tapi plis jangan tanya bedanya apa ya…. karena -은/는 adalah partikel yang susah untuk dijelaskan. Karena kayaknya cuman orang korea doang yang bisa menggunakan  partikel ini secara benar. Sampe sekarang aja gw masih bingung……hiks…. lagipula kalian juga  gak harus tahu mendetail tentang semuanya, kalo mau tahu masuk aja sastra korea, ya…

 

Partikel objek

 

N/

N eul/reul

 

Kalo nominanya berakhiran dengan batch’im maka harus memakai -을, kalo tidak ada batch’im harus memakai –를. Sama seperti –이/가 dan –은/는 nulisnya disambung dengan nominanya. Gak boleh dipisahkan dengan spasi.

윤호(yunho)                            = 윤호 + -를 = 윤호를 [yun-ho-reul]

재석(jaeseok)                          = 재석 + -을 = 재석을 [jae-seo-geul]

기차(gich’a/kereta api)           = 기차 + -를 = 기차를 [gi-ch’a-reul]

빛(bit/sinar)                             = 빛 + -을 = 빛을 [bi-ch’eul]

 

Partikel objek dan subjek itu bisa hilang dalam penggunaannya, misal dalam percakapan.

Partikelnya cukup segitu dulu ya…

 

Sekarang kita coba bahas kata kerja ama kata sifatnya ya….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: