Akhiran ~ㅂ니다 / ~습니다

Akhiran ㅂ니다 / 습니다

Akhiran  -mnida / -seumnida

 

Ada yang sudah kenal dengan akhiran ini…?

Kalo ada yang belom kita mulai belajar ya….!

 

Mungkin ada yang tahu tentang akhiran ini tapi gak tahu maksudnya kali yah….

Akhiran ini akan terdengar jelas banget dan banyak banget saat kalian nonton drama atau film Korea yang kolosal atau yang berbau zaman dahulu deh…

Nah akhiran ini, kalo kalian udah baca yang diatas ada tingkatan kesopanan dalam bahasa korea, akhiran ini yang paling sopan…..istilahnya yang paling formal. Digunakan dalam situasi resmi, pokoknya yang paling sopan.

Nah, yang satu ini ada aturannya….

Perhatiin baik2 contohnya ya…!

Kalo untuk kata dasar yang tidak memiliki batch’im harus menggunakan –ㅂ니다. Perhatikan contoh!!

 

Misal kata 자다 (artinya : tidur).

자- + -ㅂ니다  =  잡니다

Nah…begitu,,,,, bingung gak?

Jadi, kan sudah dibahas kalo yang ada dalam bentuk dasar dari kata kerja dan kata sifat Korea harus dipotong dan diubah ke dalam bentuk akhirannya.

Pada kata 자다 di atas, jika –다-nya dibuang maka akan ada 자- saja. Nah, 자- ini gak ada batch’imnya kan? Sudah dikatakan kalau tidak ada batch’im harus menggunakan –ㅂ니다.

자- pindah ke atas ㅂ. Menjadi 잡니다.

Nah ngerti kan…?

Contoh lain:

사다 (beli)

사- + -ㅂ니다 = 삽니다

가다 (pergi)

가- + -ㅂ니다 = 갑니다

버리다 (buang)

버리- + -ㅂ니다 = 버립니다

활발하다 (lincah)

활발하- + -ㅂ니다 = 활발합니다.

비싸다(mahal)

비싸- + -ㅂ니다 = 비쌉니다

이다(adalah)

-이- + -ㅂ니다 = -입니다

 

Nah, kalo kata dasarnya ada batch’imnya harus menggunakan –습니다.

Perhatikan contoh…!

Misal kata 먹다 (makan). Kalo kita hilangkan –다-nya akan ada 먹- saja. Nah dalam 먹- ada batch’imnya kan? Jadi harus ditempelkan dengan –습니다, menjadi 먹습니다.

잡다(menangkap)

잡- + -습니다 = 잡습니다

반갑다(senang karena bertemu)

반갑- + -습니다 = 반갑습니다

닫다(menutup)

닫- + -습니다 = 닫습니다

놓다(menaruh)

놓- + -습니다 = 놓습니다

좋다(baik, bagus)

좋- + -습니다 = 좋습니다

 

 

** untuk yang berakhiran ㄹ ada pengecualian

Misal kata seperti 살다, 빌다, 들다. Kata2 di samping memiliki batch’im ㄹ kan? Kalo kita hilangkan-다nya akan hanya ada  ㄹ saja. Untuk akhiran ~ㅂ니다/습니다, jika bertemu denganㄹ, hurufㄹnya akan hilang. Perhatikan contoh!!

Misal kata 살다(tinggal)

살  +  ~ㅂ니다 ==== 삽니다 (akhiran yang digunakan ~ㅂ니다 saja. ㄹnya hilang dan 사 pindah ke atas ㅂ)

 

빌다(mohon)

빌  + ~ㅂ니다 ==== 빕니다[bimnida]

들다(menjinjing)

들  + ~ㅂ니다 ==== 듭니다[deumnida]

멀다(jauh)

멀  + ~ㅂ니다 ==== 멉니다[meomnida]

 

Nah gimana? Gampang kan…

Akhiran ini adalah akhiran wajib yang harus dipelajari pertama kali saat orang asing belajar Bahasa Korea.

  1. ayo… pelajaran selanjutnya….!^^
    (semangat 45)

    • Kevin
    • September 15th, 2010

    Lokasi univ.nya dimana ya?
    (Hehe~ Aku cma mw tnya, soalnya aku kuliah d jurusan Sastra Korea.)
    헤헤헤헤~

      • dwitapresil
      • October 8th, 2010

      후배예요?

    • Kevin
    • September 15th, 2010

    Eitt ~
    Satu lagi ..
    Arti kata “Batch’im” thu apa sich .. ??

      • dwitapresil
      • October 8th, 2010

      itu huruf yang ada di bawah… kayak 발 nah kan huruf bawahnya ada tuh, si ㄹ…nah huruf yang dibawah kayak ㄹ itu namanya batchim….copa buka postingan yang lama-lama deh…^^

    • 미스디
    • March 28th, 2011

    kalau yg badcimnya ada 2 huruf gimana ya ngerubahnya misal 읽다

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: